Bila Anda ingin menggunakan fitur Speech atau Voice Recognition yang dimiliki oleh Windows XP, maka dengan mudah Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini. Namun seperti yang dikatakan pada artikel “Berkomunikasi dengan Teknologi”, fitur ini masih memiliki beberapa kekurangan. Dan tidak dapat digunakan untuk pengerjaan tulisan yang berbahasa Indonesia.

Peralatan yang paling utama adalah komputer dengan operating system Windows XP. Lalu yang tidak kalah penting adalah komponen audio yaitu sound card, mikrofon, dan speaker. Untuk fitur ini, sebaiknya mikrofon dan speaker yang digunakan tidak terlalu besar, lebih tepatnya yang berbentuk headset saja. Karena dengan seperti ini letak mikrofon akan lebih dekat dengan bibir Anda pada saat berbicara nanti. Selain itu, dengan menggunakan headset yang dekat dengan telinga suara dari speaker pun dapat lebih mudah dimengerti.

Fitur ini terletak dalam menu Speech yang ada dalam Control Panel. Oleh sebab itu, terlebih ahulu Anda harus masuk ke dalam Control Panel lalu klik ganda pada icon Speech. Pada halaman pertama yang akan muncul adalah halaman Speech Recognition. Pada halaman ini, Anda dapat langsung menekan tombol Train Profile dan melatih profil yang sudah ada dalam daftar profil di boks recognition profile. Anda dapat melatih komputer sesering yang diinginkan. Semakin banyak komputer berlatih, akan semakin baik.



Jika ada orang lain yang akan menggunakan fitur ini juga, maka orang tersebut harus terlebih dahulu dibuatkan profil baru. Sebab bisa saja komputer akan menginterpretasikan suaranya dengan nilai yang berbeda dengan milik Anda. Cara membuat profil baru cukup dengan menekan tombol New lalu masukkan nama profil. Bila ingin segera melatih profil baru ini, tekan tombol Next. Bila tidak tekan tombol
Finish. Jika ada profil yang akan dihapus, pilih nama profil lalu tekan tombol Delete.



Dengan menekan tombol Setting, Anda dapat mengatur sensitivitas pendengaran komputer dan bagaimana respon yang diharapkan. Di bagian atas, Anda dapat menentukan bagaimana komputer merespon apa yang Anda ucapkan. Jika rendah (Low), maka komputer akan melakukan apa saja yang Anda katakan, terlepas perintah itu valid atau tidak. Jika tinggi (High), maka tidak semua perintah akan dilakukan, hanya yang benar-benar dimengertinya saja yang akan dilakukannya.



Bila menekan tombol Audio Input, maka Anda dapat mengatur banyak hal yang berkaitan dengan mikrofon atau audio input lain yang digunakan. Anda juga dapat mengatur properties setiap audio input yang Anda pilih. Jika menggunakan perangkat standar yang digunakan komputer Anda pilih Use preferred audio input device. Tapi kalau Anda memiliki pilihan lain pilih Use this audio input device lalu pilih perangkat dari daftar yang ada. Jika ingin mengatur besar kecilnya suara tekan tombol Volume.



Dengan menekan tombol Configure Microphone dari halaman Speech Recognition, Anda dapat mengatur konfigurasi mikrofon yang digunakan. Mulai dari adjusting suara sampai volume. Pergunakan mikrofon yang baik agar suara terdengar lebih bersih dan dapat dengan mudah dimengerti komputer. Dan hindari berada dalam ruangan yang ramai, karena suara yang masuk ke dalam mikrofon akan mengganggu kualitas suara Anda sendiri.



Cara mengaktifkan fitur tersebut setelah diatur dan dilatih. Yaitu dengan cara menekan icon Language yang ada pada taskbar desktop Anda. Kemudian pilih Show the language Bar. Setelah itu, tekan tombol yang ada mikrofonnya. Atau langsung menekan icon microphone yang ada pada Language Bar. Pilih Voice Command (yang bergambar kosong) bila akan memberikan perintah. Atau pilih Dictation (yang bergambar isi) bila ingin melakukan pengetikan dengan cara mendikte. Bila sudah selesai tekan kembali icon microphone, maka suara pada mikrofon Anda tidak lagi diperhitungkan oleh komputer.



OK Selamat Mencoba Teman, Googluck

0 komentar:

Poskan Komentar

Semoga Tulisan Ini Membantu Anda