Kumpulan foto yang semakin banyak akan membuat Anda kerepotan mengaturnya. Dan peletakan yang berantakan membuat Anda kesulitan menemukannya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memanfaatkan Organisasi Foto dengan Adobe Photoshop Album. Salah satunya Adobe Photoshop Album Starter Edition 3.0.

- Pada saat proses instalasi selesai dilakukan, maka akan muncul icon kamera pada taskbar di bawah. Icon ini berguna untuk mengaktifkan aplikasi sekaligus untuk mengupload foto, baik dari kamera maupun dari perangkat lain. Caranya cukup dengan klik kanan lalu pilih Launch. Kemudian di sebelah kanan, pada boks Get Photos From pilih sumber foto. Setelah itu, pada bagian Save Files tentukan di mana file yang akan Anda ambil ingin diletakkan. Jika ada nama khusus yang akan diberikan pada kumpulan foto tersebut, maka Anda dapat mengisi boks rename. Setelah itu, tekan tombol Get Photos di bawah.



- Pilih salah satu gambar, lalu tekan icon Fix yang ada di bagian toolbar. Dengan fitur ini, Anda dapat melakukan beberapa perbaikan kecil pada foto. Seperti pencahayaan, pewarnaan, serta ketajaman. Anda juga dapat memutar gambar ke putaran yang diinginkan. Melalui bagian crop, Anda juga dapat memotong bagian gambar yang tidak diinginkan. Dan bila ada gambar portrait yang memiliki warna merah pada objeknya, maka Anda dapat juga menghilangkannya melalui bagian Red Eye. Bila ada sesuatu yang ingin tidak jadi diterapkan, tekan saja tombol Undo.



- Untuk mencetak foto, pilih salah satu gambar yang akan dicetak, kemudian tekan icon Print yang ada di toolbar. Lalu tentukan printer yang akan digunakan. Pilih layout pencetakan. Setiap opsi dapat Anda perhatikan previewnya di sebelah kanan. Jika ada gambar yang akan ditambahkan untuk dicetak bersama-sama, tekan icon Add yang ada di pojok kiri atas. Masukkan foto dan lakukan proses cetak yang sama dengan sebelumnya. Bila ingin mengubah pengaturan pada atribut halaman, tekan tombol Page Setup terlebih dahulu.



- Bila ingin menyaksikan slide show dari album Anda, maka akan lebih mudah jika tampilannya terlebih dahulu Anda ubah menjadi Calendar View. Caranya dengan menekan tombol Calendar View yang terletak di pojok kanan atas. Setelah muncul Calendar View, perhatikan di barisan kanan. Terdapat sebuah layar monitor kecil yang memiliki tombol play berwarna hijau. Tekanlah tombol tersebut, maka Anda dapat menyaksikan slide show menurut tanggalan di mana foto tersebut berada.



- Pada langkah nomor empat dikatakan bahwa Anda dapat melihat foto dalam tampilan kalender. Kalender yang digunakan pada tampilan ini merupakan kalender internasional yang sudah langsung ditentukan oleh aplikasi. Anda dapat menambahkan atau mengurangi event-event yang ada di kalender tersebut dan menyesuaikan langsung dengan kalender Indonesia serta menambahkan event-event yang bersifat pribadi. Misalnya hari ulang tahun, tanggal perkawinan, dan sebagainya. Caranya adalah dengan memilih menu Edit, Preference. Lalu pada bagian Calendar, Anda dapat menentukan tanggal apa saja yang diinginkan, serta di bagian bawahnya Anda dapat menambahkan tanggal baru.



- Ini adalah langkah yang paling utama, yaitu mengelompokkan gambar menurut kategori-kategori. Pembagian foto yang pertama adalah dengan menggunakan kategori. Pembagian yang kedua adalah menggunakan tag atau label. Keduanya bukanlah pengelompokan terpisah. Anda dapat melakukan pengelompokan ini dengan keduanya. Caranya cukup mudah. Pertama Anda harus membuat dahulu kategori atau label yang digunakan. Caranya tekan icon Organize yang ada di pojok kanan. Lalu pada bagian kanan buatlah kategori dan tag tersebut.



- Memasukkan foto ke dalam sebuah kategori cukup dengan melakukan klik kanan lalu pilih Add to Collection. Setelah itu, pilih koleksi yang diinginkan. Anda dapat melakukan langsung pada lebih dari satu foto. Jika ingin menghapus kelompok koleksinya, pilih foto yang akan dihapus, klik kanan lalu pilih Remove from Collection, lalu pilih koleksi yang tidak diinginkan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Semoga Tulisan Ini Membantu Anda