Mempunyai ide desain mobil mini terhadap sebuah objek tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Sebaiknya Anda langsung saja menuangkannya dalam coretan di kertas maupun di atas komputer. Seperti contohnya ide lucu ini, membuat sebuah mobil sport nan canggih menjadi berbentuk mini. Langkah dan teknik pada praktik ini mungkin bisa diterapkan tidak hanya terikat pada objek mobil saja, jika Anda kreatif berbagai objek tentu bisa disulap menjadi berbentuk mini. Berikut ini adalah langkah pembuatannya:

- Langkah pertama, seleksilah semua area hitam sekitar ban dan bayangannya. Banyak cara untuk menyeleksi, namun kami menggunakan bantuan Magnetic lasso tool untuk melakukannya. Setelah area ban dan bayangan sudah terseleksi sempurna, berikutnya perluaslah area seleksi dengan cara mengklik menu Select|Modify|Expand…. Isi kolom Expand by dengan angka 11. Tujuan memperluas area seleksi adalah untuk mengambil lekukan-lekukan bodi di atas ban agar terbawa dan terpasang pada foto hasil akhir nanti, sehingga foto akan tampak semakin hidup.



- Setelah seleksi didapatkan, langkah berikut adalah membuat hasil seleksi tersebut menjadi sebuah layer baru. Tujuannya adalah untuk tetap dapat menyimpan bentuk asli dari ban. Untuk membuatnya menjadi sebuah layer baru dari hasil seleksi ini, kliklah menu Layer|New|Layer via Copy. Lakukanlah langkah ini sebanyak dua kali untuk membuat dua buah layer ban. Anda juga dapat membuatnya dengan menekan tombol CTRL + J sebanyak dua kali. Setelah selesai, jadilah dua layer baru berisi gambargambar ban dari mobil asli tersebut.



- Langkah selanjutnya adalah melakukan transform dari foto utama Anda. Pertama, bahlah foto utama yang masih berbentuk background menjadi sebuah layer dengan cara melakukan klik ganda. Berikutnya lakukan transform, caranya klik menu Edit|Free transform. Atau bisa juga dilakukan dengan menekan tombol CTRL+T. Klik dan drag untuk
mengurangi ukuran lebar dari foto mobil tersebut menjadi sekitar 50% atau separuh saja dari bentuk aslinya. Sampai sini saja foto mobil udah tampak lebih kecil, namun masih
terganggu dengan ban-ban yang menjadi berbentuk oval.



- Selanjutnya sembunyikan salah satu layer duplikasi ban dan bayangan dengan cara mengklik tanda mata dari layer tersebut. Kemudian pilihlah layer ban dan bayangan yang lain dan potonglah menjadi hanya tersisa ban belakang saja. Potonglah menggunakan Rectangular Marquee tool kemudian tekan tombol Delete. Setelah tersisa ban belakangnya saja, atur posisi ban belakangnya tersebut agar pas menjadi ban belakang dari mobil mini Anda tadi. Setelah selesaitambahkan Layer Mask dengan mengklik Layer|Layer Mask|Reveal All. Tujuannya adalah untuk membenahi gambar-gambar yang masih menumpuk tersebut.



- Setelah Layer Mask jadi, kliklah Brush tool kemudian pilihlah warna foreground menjadi hitam sehingga brush juga menjadi berwarna hitam. Pada tahap ini, Anda dapat melakukan pemolesan bodi mobil yang masih tidak beraturan ini. Caranya, dengan kuas hitam pada Layer mask, poleslah pada bodi mobil yang masih kacau. Setelah beberapa polesan, Anda akan melihat bagian yang kacau hilang digantikan dengan bagian mobil yang sudah dikecilkan. Poleslah semua bagian yang kacau dengan hati-hati dan teliti hingga tidak tampak lagi. Setelah selesai, Anda sudah mendapatkan ban belakang mobil mini Anda ini tampak lebih realistik. Poles juga bagian yang tidak terpakai lagi yang masih tampak.



- Selanjutnya adalah memasang ban depan mobil. Bagian ini agak sulit dilakukan karena bentuk badan mobil banyak lekukan dan pernak-perniknya. Untuk memasang ban depan, ulangilah langkah-langkah yang ada pada langkah ke-4, namun dengan menggunakan layer duplikasi foto ban yang kedua. Hapuslah gambar ban bagian belakang hingga hanya tersisa ban bagian depan saja. Setelah itu, geser dan letakkan pada ban depan dari mobil mini Anda hingga menutupi ban ovalnya. Atur hingga pas. Setelah selesai ulangilah langkah nomor 5, yaitu memoles dengan kuas hitam hingga kekacauan bentuk akibat foto sebelumnya hilang. Lakukan dengan teliti Anda akan mendapatkan hasil yang sempurna.



- Sampai sini Anda sudah selesai, tinggal memunculkan kembali lampu sein merah yang hilang akibat tertutup ban depan tadi. Caranya, sembunyikanlah kedua layer duplikasi ban dan bayangan, Anda akan melihat gambar mobil mini dengan ban ovalnya. Setelah itu gunakan Polygonal lasso tool untuk menyeleksi lampu sein merah yang ada bagian depan. Setelah terseleksi sempurna, kliklah menu Layer|New|Layer via Cut, maka akan terbentuk layer baru berisi gambar lampu. Selanjutnya aturlah lampu hingga posisinya pas diletakkan pada mobil mini Anda. Setelah semuanya selesai, mobil canggih Anda telah bertransformasi menjadi mobil mini nan unik.

0 komentar:

Poskan Komentar

Semoga Tulisan Ini Membantu Anda