Kualitas Foto pemandangan dan cara Buat foto pelangi alam terbuka yang berkualitas memang harus terlihat alami. Maka itu, foto alam terbuka biasanya tidak dapat dimodifikasi macam macam. Hanya yang sederhana saja, atau jika Anda ingin yang kompleks, nilai alamiahnya harus dikorbankan. Akhirnya foto alam ini bukan lagi bertujuan untuk menunjukkan keindahan alam. Untuk memodifikasi foto alam tanpa kehilangan nilai alamiahnya, Anda dapat menambahkan pernak-pernik alam yang simpel dan mudah dibuat. Contohnya adalah pelangi. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan pelangi yang realistik untuk foto alam Anda:

Pertama-tama bukalah foto pemandangan yang ingin Andamodifikasi.Jika Anda membuat sebuah pelangi, usahakanlah agar Anda menggunakan foto alam yang objeknya mengandung unsur air, seperti di danau, di air terjun, di sekitar pegunungan yang habis hujan, dan banyak lagi. Usahakan agar cuaca alam di dalam foto tidak terlalu cerah namun juga tidak terlalu mendung, masih tampak sinar sinar matahari yang kuat. Pada kondisi cuaca seperti ini biasanya pelangi akan muncul, sehingga foto modifikasi Anda menjadi tampak sangat realistik. Bukalah foto Anda dengan mengklik menu File|Open… Setelah itu pilih folder dan file foto Anda berada, setelah klik tombol Open, maka foto Anda akan terbuka.


Setelah foto pemandangan terbuka dengan baik, langkah selanjutnya adalah membuat sebuah layer baru. Layer baru ini harus berada di atas dari layer foto asli Anda. Tujuan layer baru ini adalah sebagai tempat modifikasi foto pemandangan Anda ini. Layer inilah yang akan ditempati oleh pelangi buatan Anda. Untuk membuat layer baru ini, kliklah tombol Create a new layer *< >. Sesaat kemudian maka layer baru Anda akan muncul di tab Layer. Jika belum berada di tempat paling atas, klik dan geserlah thumbnail layer baru tersebut ke bagian paling atas.


Langkah berikuttnya mengatur parameter fasilitas Gradient tool Anda. Untuk memulainya, klik menu Gradient Tool *< >. Pada menu bagian atasnya, atur parameter Mode menjadi Linear Light dan pilih opsi Radialgradient *< >. Setelah itu, lakukan klik ganda pada drop down menu pilihan jenis gradient, maka akan muncul menu Gradient Editor. Pada menu ini pilih preset Transparent Rainbow. Atur tab Opacity dan tab-tab warnanya seperti yang ada di gambar. Anda perlu menambahkan warna jingga pada tab warnanya. Untuk menambahkan, kliklah salah satu tab warna. Atur warnanya menjadi jingga. Setelah selesai klik OK, maka siaplah pelangi Anda.


Setelah pengaturan gradient selesai, kini Anda siap untuk melakukan pembuatan pelangi. Dengan tool gradient yang masih terpilih, buatlah sebuah garis untuk menggambarkan efek dari gradient Anda ini. Buatlah garis pada posisi di mana yang Anda sukai dan cocok dengan foto Anda. Aturlah panjang pendeknya garis gradient ini agar besarnya pelangi juga sesuai dengan objek-objek di foto Anda. Jika belum pas, ulangilah sekali lagi untuk mendapatkan ukuran pelangi yang pas dengan foto Anda. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan pelangi yang masih belum rapi.


Setelah pelangi Anda selesai dibuat, kini saatnya untuk mengatur posisinya agar pas dengan objek-objek alam di dalam foto Anda. Aturlah posisinya dengan mengklik menu Move tool *< >. Setelah itu, gerakanlah posisi pelangi ini dengan cara melakukan klik dan drag objek pelangi ini. Atau bisa juga Anda menggerakannya dengan menggunakan tombol panah atas bawah pada keyboard. Gerakan hingga menuju ke posisi yang pas seperti yang Anda inginkan. Setelah selesai, maka foto Anda udah mulai membaik.


Jika ada bagian-bagian yang tidak diinginkan dari pelangi, seperti misalnya tepi-tepi yang tidak pas dengan objek alam di foto Anda atau sisa-sisa dari gambar gradient yang tidak diperlukan, maka Anda dapat menghapusnya. Untuk menghapusnya, gunakan Eraser tool *< > dan atur besarnya kuas untuk menghapus bagian-bagian pelangi yang tidak berguna dengan lebih teliti. Setelah selesai pengaturan, hapuslah seluruh bagian pelangi yang tidak diperlukan dengan teliti. Setelah selesai, maka pelangi Anda akan tampak jauh lebih rapi dan realistik.


Langkah terakhir yang juga sekaligus merupakan kunci dari realistiknya pelangi Anda ini adalah Opacity. Aturlah opacity dari pelangi Anda ini agar tampak lebih realistik. Untuk mengatur opacity-nya, kliklah layer pelangi Anda, kemudian klik drop down menu dari pengaturan opacity-nya. Turunkanlah nilai opacity sesuai dengan keinginan Anda. Pada pengujuan kami, pelangi akan tampak realistik pada nilai opacity sebesar 20 sampai 30 %. Setelah selesai, jadilah pelangi buatan Anda dengan sempurna.


Ok semoga tutorial di atas berguna bagi anda yang membutuh kan! Goodluck

0 komentar:

Poskan Komentar

Semoga Tulisan Ini Membantu Anda